Pages

Subscribe:

Jumat, 09 Maret 2012

reparasi kulkas


بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

Assalamualaikum wr wb......

Semoga membawa maslahat......

Untuk kesekiankalinya saya ingin membagi " secuil Ilmu " , semoga membawa maslahat dan bermanfaat.

Sebermula dari peristiwa yang sudah umum terjadi, yaitu kerusakan ( = kurang sehatnya) Lemari Es (Refrigerator) kita dirumah yang amat vital terutama guna menyimpan bahan2 makanan dan minuman agar tetap segar dan terutama agar air minum menjadi terasa dingin menyegarkan atau bahan makanan menjadi terhindar dari serangga or kontaminasi lain atau untuk berbagai keperluan aplikasi ide masak memasak khususnya jenis2 kue bagi kaum ukhti.....amat vital memang amat vital.

Gejala kerusakan yang saya alami antara lain , tidak dinginnya ruang dalam rak penyimpanan , ruang ice box menghasilkan bunga-bunga es yang seharusnya tak boleh terbentuk, ruang ice box yang mengeluarkan air menetes dari dinding atasnya sehingga mengakibatkan terjadinya pembekuan permanen air yang tertampung dalam ice box sehingga perlu pukulan keras untuk memecahkannya (=saya tak menganjurkan), bahkan ada air yang mengalir keluar dari Lemari Es tsb sehingga membasahi lantai rumah....etc.

STUDI EMPIRIS .(...biar keren dikit..)
-----------------------------
Hal ini saya dapat dari memperhatikan dan mengamati apa yang dilakukan seorang teknisi Lemari Es yang kebetulan saya panggil untuk memperbaikinya. Maka ketika dia membuka alas ice box ...terlihat bagian dari isi otak lemari es tsb....dan ternyata telah penuh dengan gumpalan - gumpalan es yang kemungkinan berasal dari air yang merembas atau bahkan mengalir kedalam mesin Lemari Es tsb.

Maka teknisi tsb menyiramnya dengan air panas untuk mencairkan semua pembekuan dalam rongga tubuh lemari es tsb.

Kesimpulan ,...maka kerusakan Lemari Es tsb antara lain disebabkan telah terjadinya berbagai pembekuan dalam rongga mesin Lemari Es tsb......

Lalu dari mana datangnya air yang dapat menyusup masuk kedalam ruang mesin Lemari Es tersebut...? apakah pengembunan dapat terjadi sedemikian banyaknya sehingga dapat menghasilkan air yang banyak dan berakibat pembekuan dalam ruang Lemari Es...?.

MUSLIHAT .....
------------------
Anda jangan tertipu dengan isu freon habis dari lemari es tsb. Gas Freon khusus lemari es itu berada dan diisikan didalam ruang-ruang pipa sebesar kelingking yang berkelok-kelok yang dapat anda lihat dibelakang tubuh Lemari Es tsb. Oleh sebab itu pipa2 ini harus dijaga agar tidak rusak , terbentur atau sobek...yang mengakibatkan rusaknya pipa-pipa dan bocornya freon tsb. Sedangkan bola hitam regulator Lemari es berisi oli dan alat yang berputar.

CARA EKONOMIS MEMPERBAIKI MANDIRI....
-------------------------------
1. Cabut kabel listruk Lemari Es kemudian keluarkan semua barang yang dapat dikeluarkan dan dicopot dari ruang pendingin Lemari Es tsb termasuk yang berada dalam ruang ice box /Freezer.

2. Cari teman untuk membantu mengangkat/ menahan Lemari Es tsb dan membalikannya agar berada dalam POSISI MENGHADAP KEBAWAH ( tengkurap ), dimana semua pintu akan menghadap ke bawah / ke lantai.

3. Harus diperhatikan adalah sebelum membuat posisi terbalik tsb, maka carilah ganjal misal berupa busah sterofom atau apa saja yang bentuk tinggunya akan sejajar jika diletakan dilantai dan dapat menahan kuat berat Lemari Es tsb. Kemudian letakan untuk mengganjal bagian ujung depan dan ujung belakang. Biarkan Lemari Es anda dalam posisi demikian selama kurang lebih 4 hari 4 malam.

4. Tujuannya agar menguras dan mencairkan semua pembekuan2 dalam tubuh lemari es tsb. Sudah pasti anda harus rajin mengepel lantai yang dibanjiri air es yang mencair.

5. Untuk memperindah suasana ruang,....maka lemari es yang sedang tidur tsb dapat anda tutupi dengan taplak meja sehingga dapat dimanfaatkan untuk menjadi sebuah meja darurat.


TIP MERAWAT....
------------------------
Setelah mempelajari kasus diatas sebagai empiris, maka kita dapat menarik kesimpulan untuk perawatannya antara lain :

>.Disamping tip diatas, maka yang harus kita perhatikan adalah mewaspadai atau mencegah tumpahan2 air atau cairan apapun dalam ruang almari es atau rak2 penyimpanan.

> Jika terjadi tumpahan, agar segera dikeringkan.

> Menjaga ruang feezer (ice box) dari segala tumpahan-tumpahan air yang jelas berasal dari bahan cair yang akan di bekukan.

> Cara terbaik antisipasi tumpahan cairan didalam ruang freezer/ ice box yaitu dengan terlebih dahulu memberi tutupan bagian alas dan dinding-nya (kecuali langit2) dengan bahan kertas berlapis (semisal kertas HVS) atau jika perlu dengan kertas 4 (empat) lapis , misal kertas HVS bekas kalender.

> Yang harus diperhatikan pula yaitu bagian kertas yang berwarna atau jika ada tulisan atau gambarnya harus diletakan dibagian bawahnya sehingga bagian putih polos yang akan terlihat dalam ruang freezer/ ice box tsb. dan yang akan bersentuhan langsung dengan bahan makanan . hal ini untu menghindari bahan makanan terkontaminasi zat kimia tinta cetak).

...............ok, good luck...selamat mencoba....

waasalamualaikum wr wb....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar